Bertempat di Assembly Hall dan Lower Lobby Jakarta
Convention Center, perhimpunan Bank-Bank Umum Nasional (Perbanas) kembali
menyelenggarakan Indonesia Banking Expo (IBEX) 2014.
Ajang pameran tahunan perbankan Indonesia yang berlangsung
dari 28 hingga 30 Agustus 2014 ini terdiri atas berbagai macam kegiatan, antara
lain Seminar Perbankan dan Ekonomi; Edukasi Perbankan dan Kompetisi; pameran
produk-produk industri perbankan nasional, jasa keuangan; dan pameran industri
kreasi anak bangsa lainnya. Pada IBEX 2014 ini juga pertama kali ditampilkan
museum perbankan yang mengetengahkan perjalanan perbankan di Indonesia, sejak
pertama kali perbankan dikenal di Indonesia.
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank yang
memiliki jaringan kerja cukup besar di negeri ini, menyambut baik
penyelenggaraan event ini. Hadir sebagai peserta, Bank BRI turut menjadikan
event ini sebagai ajang promosi produk-produknya dan menampilkan fasilitas
perbankan berbasis teknologi terbaru, serta menampilkan nasabah yang mempunyai
pasar sasaran ekspor.
“Tema dan desain yang akan diangkat dalam IBEX 2014 adalah
BRI Hybrid Lounge dan BRISAT (Satelit BRI),” ujar Corporate Secretary BRI Budi
Satria. "Kelebihan utama yang diberikan kepada nasabah melalui BRI Hybrid
Lounge adalah kecepatan dan kemudahan pembukaan rekening dan one stop
transaction. Seperti diketahui, proses pembukaan rekening bank memerlukan waktu
terlalu lama bagi nasabah di kota-kota besar yang memiliki keterbatasan waktu.
Di BRI Hybrid Lounge, nasabah dapat melakukan pembukaan rekening sendiri
melalui mesin self service banking, hanya dalam waktu 4 menit, dengan
menggunakan KTP elektronik untuk membuka rekening tabungan Britama hingga
menerima kartu ATM yang siap digunakan.”
Budi menambahkan, ciri khas BRI Hybrid Lounge adalah layanan
e-channel dan fasilitas self service banking melalui dukungan
perangkat-perangkat berteknologi tinggi. Desain interior kantor juga dibuat
modern, tetapi nyaman dan tidak kaku. Selain BRI Hybrid Lounge, Bank BRI turut
memamerkan program BRISAT.
Menurut Budi, kebutuhan sarana komunikasi satelit menjadi
semakin penting karena variasi model jaringan kerja yang dikembangkan oleh Bank
BRI. Beberapa inovasi model jaringan kerja yang dikembangkan Bank BRI bersifat
mobile, seperti Teras Mobil dan Teras Kapal yang hanya dapat dilakukan secara
ekonomis melalui sarana komunikasi satelit.
Peningkatan kebutuhan Bank BRI akan jaringan komunikasi
satelit ini diperkirakan akan sulit dipenuhi dari pasokan transponder oleh
penyelenggara satelit Indonesia, mengingat ketersediaan transponder di
Indonesia yang terbatas. “Oleh karena itu, program Satelit BRI memberikan
solusi untuk mengurangi kelangkaan transponder di Indonesia,” kata Budi.
Budi melanjutkan, dengan beroperasinya BRISAT, nantinya
seluruh jaringan infrastruktur BRI akan terkoneksi yang kemudian meningkatkan
kepuasan nasabah Bank BRI. Koneksi tersebut meliputi Kantor Pusat, Kantor
Wilayah, Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, BRI Unit, Kantor Kas, Teras
BRI, hingga Teras Mobil dengan jumlah total lebih dari 9.800 outlet, serta
lebih dari 100.000 outlet e-Channel.
Pada kesempatan yang sama, BRI mengajak mitra binaannya
untuk turut meramaikan event IBEX 2014, di antaranya Rifky Aksesoris, Uvy
Collection, Wittana Tunggal Putra, dan Raf's Boutique. Budi mengutarakan, IBEX
merupakan event tahunan yang diselenggarakan Perbanas. Di event ini semua bank
mengadu produk-produk serta layanannya.
“BRI yang merupakan
salah satu peserta, menampilkan produk BRI Mobile, E-pay, Ebuzz, Tabungan
BRItama, Kartu Kredit BRI, dan sebagainya,” pungkas Budi. sumber:kompas **SAB**